Teknik Elektro ( Arus Kuat ) - Pembangkit Listrik Mikro Hidro

halooo...
Berhubung blog ini tentang elektronika atau elektro arus lemah, saya mau nyimpang dikit yah ke elektro arus kuat, khususnya PLTMH. ini nih PLT yang sedang digalakan di Indonesia Raya ini karena banyaknya sungai-sungai kecil yang tersebar.

Mikro Hidro adalah . . .


Jadi tadi sempat main ke daerah Cihanjuang, Jawa Barat di sana ada perusahaan yang nyediain alat-alat mengenai Pembangkit Listrik  Tenaga Mikro Hidro, terus ya nanya nanya dikit deh. Ternyata prinsipnya ya gitu-gitu aja, intinya kita muterin generator/turbin yang pada akhirnya menghasilkan listrik. Bedanya adalah yang menggerakan turbin ini adalah air dari aliran sungai dengan debit yang kecil.

Listrik dari Generator gak langsung gitu aja disebar ke rumah rumah, tapi di "kendalikan", nah di sinilah fungsinya Teknik Elektronika.

Keluaran akhirnya pokonya jadi Tegangan Jala-Jala 220V, sesuai standard PLN..

sekedar info yah, misalnya kita mampu menghasilkan listrik, katakanlah 20MWatt, kita ga boleh ngejual ke perusahaan lain selain PLN, kecuali dapet izin khusus dari Menteri/Presiden.

Mau bikin PLTMH sendiri?

DOWNLOAD ARDUINO IDE

Banyak penjelasan yang tersebar di internet tentang gimana cara bikin Pembangkit Listrik Mikrohidro, cuman gara-gara panjang banget saya agak males bacanya hahaha.
intinya sih gini.

Pertama. kalian siapin generator/turbin yang nanti akan menghasilkan listrik. Generatornya sih klo mau yang enak beli yang udah sepaket sama pengendalinya, jadi keluarannya udah stabil 220Volt. Harganya? <10juta kalian bisa dapet yang 600 Watt.

Kedua. cari sungai yang terus mengalir, klo bisa sih yang debitnya gedean yah. Disini adalah yang paling susah sebenernya. Kalian harus bikin konstruksi bendungan, fungsinya agar si air ini tenang dan debitnya stabil.

Ketiga. lewatin air yang udah stabil tadi buat muterin generator itu. Voila! jadi deh. Sisanya tinggal wiring, buat dibagiin ke warga sekitar.


Mikro hidro ini menggunakan prinsip energi potensial air yang jatuh. Jadi syarat pertama adalah ketinggian yang diperlukan, biasanya minimal ketinggian adalah 3meter. dari situ kalian masih bisa menghasilkan berkilo-kilo Watt listrik, dengan syarat : Debit airnya mencukupi.
Untuk menjaga kedua syarat itu biasanya akan muncul dampak sosialnya nih, Air kan bukan kita doang yang make, biasanya masalah utamanya adalah bagi penggunaan air untuk irigasi. jadi bijak-bijaklah menggunakan air.

ada lagi bangunan biat si generatornya dan alat lainnya ga keujanan, jadi harus disiapin juga.

dan lain-lain dan lain-lain.

Oh iya, agak mau menghasut nih, sebenernya ketika kalian ingin membangun PLTMH kalian juga bisa mempersiapkan orang-orang untuk memberikan pelatihan dan meyakinkan orang-orang untuk mulai berpindah dari yang menanam padi menjadi jagung ataupun berkebun organik, selain untuk menaikkan ekonomi masyarakat, kita ga perlu lagi bergantung kepada PLN untuk masalah listrik karena kita tau, padi membutuhkan air yang sangat banyak. Memang ga gampang, tapi saya rasa ini salah satu cara memajukan bangsa kita. Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah jangan meninggalkan masyarakat ini sebelum masyarakat siap untuk dilepas sepenuhnya. :D

sekian dari saya, terimaksih telah membaca :))

DOWNLOAD ARDUINO IDE

Komentar