Apa Itu Elektronika?

Banyak orang yang mulai mempelajari sesuatu dengan mencari pengertian, batasan, ataupun defini dari suatu hal. Begitu pula dengan Elektronika.

Kita bisa mencari arti dari kata elektronika dari berbagai macam literatur dan hal itu banyak terdapat di internet. Mulai dari :

apa itu elektronika
definisi elektronika
elektronika adalah

Mari kita lihat dari berbagai definisi berikut

Fitrzgerald, Higginbotham, dan Grabel
“Electronics is the branch of Electronical Engineering which deals extensively with the transfer of information by means of electromagnetic energy”
Elektronika adalah cabang ilmu listrik yang bersangkutan secara luas dengan alih informasi menggunakan tenaga elektromagnetik.

J. Millman

“Electronics is the science and the technology of the passage of charged particles in a gas, in a vaccum, or in a semiconductor”
Elektronika adalah ilmu dan teknologi tentang melintasnya partikel bermuatan listrik didalam suatu gas atau suatu ruang hampa, atau suatu semikonduktor.

E. Carol Young
“The study, design, and use of devices that depend on the conduction of electricity through a vaccum, gas, or semiconductor”.
Elektronika meliputi studi, perancangan dan penggunaan piranti-piranti yang berdasar hantaran listrik di dalam suatu ruang hampa, gas dan semikonduktor.

H.C. Yohannes
Elektronika ialah ilmu yang mempelajari sifat-sifat dan pemakaian piranti (“devices” = alat) yang asas kerjanya ialah aliran elektron dalam ruang hampa atau gas (seperti dalam tabung-tabung radio) dan aliran elektron dalam semipenghantar (seperti misalnya dalam transistor).


sekian. semoga membantu :)

Komentar