Tutorial Arduino (Indonesia) : Sensor Ultrasonik / Ping / HC SR04

Banyak tutorial mengenai sensor ini di luar. Banyak yang menggunakan library dari forum asalnya, ada juga yang membuat secara manual tanpa menggunakan library.

Saya akan membahas penggunaan sensor ultrasonik HCSR04 menggunakan Library NewPing. Selain lebih mudah pengaturannya, sensor yang digunakan dapat lebih dari satu.

Untuk melihat hasilnya secara lebih nyata, kita menggunakan serial monitor yang telah disediakan oleh Arduino sehingga tidak perlu lagi menggunakan Rs232 dan hyperterminal lagi.

Alat yang dibutuhkan
  • PC/ Notebook dengan   Arduino IDE
  • Arduino + Kabel
  • Sensor ultrasonik HCSR04
  • Kabel kabel penghubung


Cara Kerja
Sensor ultrasonik ini bekerja dengan membaca waktu tempuh gelombang tembak untuk kembali lagi ke receiver. Ini berarti jarak sebenarnya adalah setengah dari jarak tempuh. Untuk lebih lengkap bisa klik disini

1.       Hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah merangkai rangkaian seperti gambar berikut.

2.       Berikutnya adalah membuka Arduino IDE dan menggunakan sketch berikut. Sketch berikut merupakan pengembangan dari Library NewPing pada Playground Arduino

3.       Upload sketch
4.       Setelah selesai, buka Serial Monitor. Dapat dilihat bahwa jarak maksimal adalah 400cm, sesuai dengan pengaturan pada sketch. Jarak  tersebut adalah jarak maksimal sesuai datasheet

Mudah sekali bukan?
Sekian dan terimakasih. Semoga membantu J

Bagian selanjutnya adalah





Komentar

  1. tutorialnya bagus, silahkan kunjungi http://www.cybronyx.com yah gan untuk beli arduino, raspberrynya :)

    BalasHapus
  2. selamat siang gan.....
    saya baru ni dalam dunia arduino heheheh
    saya sedang membuat alat chos phi meter
    saya menggunakan rangkaian zerro crosing detektor.
    keluaran dari zerroro crosing detektor berupa logika HIGH dan LOW.
    saya numpang tanya gan.
    bagaimana program arduino untuk menghitung berapa lama logika HIGH itu berjalan?
    atau kata lain simulasinya gini gan
    saya menekan tombol, saya ingin menghitung berapa lama tombol itu saya tekan dalam satuan ms (milli secon).
    sekalain dalam bentuktuk bahasa arduino
    makasaih master arduino.

    email saya
    Rizqi.wigapala@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry loh baru bales ehehe, baru menjamah peradaban lagi soalnya.

      bisa dicek disini klo berkenan, itung-itung sekalian belajar bahasa inggris lah yah hhoho

      https://www.arduino.cc/en/Reference/Millis

      Hapus

Posting Komentar